KEWIRAUSAHAAN
~ PIA MIRAH ~
DISUSUN OLEH
KELOMPOK 11
NAMA :
MUH. HASBI. B
HARVIANI
RASDIYANAH ARIEF
STIE TRI DHARMA NUSANTARA MAKASSAR
JURUSAN MANAJEMEN KEUANGAN
KELAS MKB-1
DOSEN : AMINARIANTI, SE, M.SI
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh.
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, dan karunia-Nya lah kami dapat
menyelesaikan hasil penelitian kami dan menyusunnya dalam bentuk
makalah Kewirausahaan ini tepat pada waktunya.
Dalam penyusunan makalah ini, kami
mendapat tantangan dan hambatan yang tak sebanding dengan tantangan dan
hambatan ketika melakukan sebuah penelitian. Akan tetapi, dengan penuh semangat
dan kerja sama tim kami yang kompak, semua itu bisa teratasi.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih
jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritikan dari
para pembaca sangat kami harapkan untuk menambah pemahaman kami terhadap
pembuatan makalah yang baku.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat
memberikan manfaat kepada kita semua.
Wasallamualaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh.
Penyusun,
Kelompok 11
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN .................................................................................... 1
1. Latar belakang .............................................................................................. 1
2. Rumusan masalah ....................................................................................... 2
3. Tujuan ............................................................................................................ 2
BAB II
METODE PENULISAN ........................................................................ 3
BAB III
PROFIL PERUSAHAAN ..................................................................... 4
BAB IV
KINERJA MARKETING ..................................................................... 6
A. Produk ............................................................................................................ 6
B. Harga .............................................................................................................. 7
C. Distributor ....................................................................................................... 8
D. Market Share ................................................................................................. 8
E. Segmentasi dan Positioning ...................................................................... 9
F. Promosi .......................................................................................................... 9
G. Analisis Kinerja Marketing ........................................................................ 10
BAB V
KINERJA PRODUKSI ....................................................................... 11
A. Lokasi Usaha .............................................................................................. 11
B. Fasilitas Produksi dan Peralatan ............................................................ 11
C. Tenaga Kerja ............................................................................................... 11
D. Teknologi Usaha ........................................................................................ 12
E. Proses Produksi ......................................................................................... 12
F. Kapasitas Produksi .................................................................................... 12
G. Analisis Kinerja Produksi .......................................................................... 12
BAB VI
KINERJA MANAJEMEN DAN SUMBER DAYA MANUSIA ...... 13
A. Bentuk Organisasi ..................................................................................... 13
B. Profit Usaha ................................................................................................ 13
C. Kompensasi ................................................................................................ 13
D. Analisis Kinerja Manajemen dan Sumber
Daya Alam ........................ 14
BAB VII
KINERJA ASPEK LINGKUNGAN ................................................ 15
A. Bahan Baku ................................................................................................ 15
B. Tingkat Persaingan .................................................................................... 16
BAB VIII
KINERJA KEUANGAN .................................................................. 17
A. Estimasi Laporan Laba Rugi .................................................................... 17
B. Analisis Kinerja Keuangan ...................................................................... 17
BAB IX
PENUTUP .......................................................................................... 18
A. Kesimpulan ................................................................................................. 18
B. Saran ............................................................................................................ 18
BAB
LAMPIRAN .............................................................................................. 19
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Saat ini perkembangan dan pertumbuhan
ekonomi di indonesia semakin pesat. Tidak bisa dipungkiri sebelumnya dunia
bisnis di indonesia juga semakin maju. Banyak perusahaan-perusahaan yang
tercipta yang mengakibatkan tingkat pengangguran di indonesia berkurang. Banyak
karyawan yang beralih menjadi pengusaha dan banyak pengangguran yang memasuki
dunia bisnis. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat indonesia semakin
membaik.
Pada hakekatnya semua orang adalah
wirausaha dalam arti mampu berdiri sendiri dalam menjalankan usahanya dan
pekerjaannya guna mencapai tujuan pribadinya, keluarganya, masyarakat, bangsa
dan negaranya. Akan tetapi, banyak diantara kita yang tidak berkarya dan
berkarsa untuk mencapai prestasi yang lebih baik untuk masa depannya. Dan ia
menjadi ketergantungan pada orang lain, kelompok lain dan bahkan bangsa dan
negara lainnya.
Tak menjadi heran ketika para pemuda dan
pemudi, ibu rumah tangga sekarang telah menjadi sukses dengan usaha
kecil-kecilan yang dilakoninya. Dengan bekal niat dan semangat serta ketekunan
ditambah dengan kemauan yang tinggi, maka menghasilkan suatu kejujuran serta
keihklasan dalam berusaha. Sehingga usaha-usaha yang dijalankan dapat
menghasilkan pendapatan yang tidak kecil. Kemampuan kreatif dan inovatif yang
dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.
Kue pia merupakan makanan yang terbuat
dari campuran kacang hijau dan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu
dipanggang.
2.
Tujuan dan Maksud Penulisan
a.
Tujuan yang akan dicapai dalam penulisan
makalah penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan secara langsung dari
narasumber tentang usaha yang dijalankannya dan diharapkan bermanfaat bagi kita
semua.
b.
Tujuan yang kedua untuk memacu dan meningkatkan
penghasilan sendiri tanpa harus bekerja pada istansi-istansi, kantor-kantor
pemerintah, tetapi masih ada peluang usaha yang lebih menghasilkan pendapatan
yang tak berbeda jauh dengan penghasilan kantoran.
c.
Tujuan selanjutnya untuk mengetahui bagaimana
menjalankan usaha kecil menengah denga baik dan benar.
3.
Manfaat Penelitian
a.
Bermanfaat sebagai proses pembelajaran mengenai
wirausaha.
b.
Bermanfaat sebagai pembelajaran wawancara
dengan pelaku wirausaha.
c.
Menambah wawasan dan mendapatkan inspirasi dari
pelaku usaha.
BAB II
METODE PENULISAN
Cara-cara yang
digunakan pada penulisan ini adalah :
Ø Wawancara
Yaitu berbicara secara langsung dengan
pelaku usaha/narasumber, mulai dari sejarah perusahaan, tujuan, bahan-bahan
yang digunakan, dan penjualan produk perusahaan.
Ø Studi Pustaka
Kami dibantu buku-buku atau reteratur di
internet (website) untuk menyusun makalah ini dengan sebaik mungkin.
Tempat dan waktu
penelitian
Ø Tempat :
Rumah produksi Pia Mirah di Jl. Mannuruki 2 No. 88 Makassar
Ø Waktu :
9 Agustus 2017 pukul 13.00 – selesai.
BAB III
PROFIL PERUSAHAAN
Profil perusahaan
adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan
tujuan masa depan sebuah bisnis.
Berikut ini adalah data Perusahaan Pia
Mirah yang kami kami jadikan objek penelitian :
1. Nama perusahaan : Pia Mirah
2. Pemilik :
Zulkarnain
3. Alamat perusahaan : Jl. Mannuruki 2 No. 88 Makassar, 90221 Sulawesi Selatan
4. No sertifikasi : P-IRT NO : 2067371010066-19
5. Tahun berdiri : 2015
6. Tujuan perusahaan : Kesejahteraan
7. Telepon :
085255598209
Perusahaan yang
bergerak di bidang makanan bernama Pia Mirah ini berdiri sejak tahun 2015, yang
didirikan oleh seorang pemuda yang bernama Zulkarnain. Perusahaan yang sudah
berjalan selama kurang lebih 2 tahun ini sudah lumayan terkenal di kalangan
masyarakat, baik masyarakat yang berada di dalam provinsi maupun yang berada di
luar provinsi. Bukan hanya itu, perusahaan Pia Mirah ini sudah memiliki banyak
Reseller dimana-mana. Hanya saja, perusahaan Pia Mirah ini belum memiliki
cabang karena masih dalam tahap pertumbuhan.
Sebelum terjun ke
dunia usaha, pak Zulkarnain hanyalah pegawai biasa di Perusahaan Telkomsel.
Walaupun beliau bekerja di salah satu perusahaan besar di indonesia, beliau
tidak membanggakan diri sama sekali dan tidak pernah sombong dengan seragam
yang ia kenakan di saat bekerja. Melainkan beliau iri dengan para pedagang
kecil yang sering beliau lihat.
Awal mulanya, niat
usaha pak Zulkarnain tumbuh karena melihat seorang tukang bakso keliling. Pak
Zulkarnain berpikir, “walaupun dia hanya tukang bakso keliling yang hanya
memakai kaos oblong biasa, saya yakin pemasukannya jauh lebih besar dari
pemasukan saya”. Bukan hanya karena faktor finansial saja yang menumbuhkan niat
usaha pak Zulkarnain, tetapi faktor waktu juga. Waktu yang dimilikinya untuk
keluarganya sangatlah sedikit. Akhirnya dengan keputusan yang bulat, pak
Zulkarnain memilih untuk pensiun dini dan terjun ke dunia usaha.
Usaha yang pertama
dirintis pak Zulkarnain adalah usaha makanan. Beliau mendirikan warung makan
karena kagum dengan Warung Makan 77 yang memiliki banyak pelanggan. Hanya
bertahan 2 bulan saja, pak Zulkarnain menghentikan usahanya itu. Beliau
kerepotan karena tidak mahirnya dalam hal memasak dan juga saat itu pesaingnya
ada dimana-mana.
Usaha selanjutnya
yang dirintis pak Zulkarnain barulah kue pia. Pak Zulkarnain terinspirasi saat
tinggal di Jawa. Dimana sekitar tempat tinggalnya di Jawa banyak sekali penjual
kue pia. Saking banyaknya, kampung itu disebut kampung pia. Karena berpikir di
Makassar usaha kue pia belum banyak, maka pak Zulkarnain mendirikan usaha kue
pia dengan modal sendiri.
Pak Zulkarnain
memulai usaha kue pia-nya tidaklah mudah, dikarenakan peralatan yang dipakai
hanya seadanya saja. Tetapi karena ketekunan beliau, usaha beliau terus tumbuh.
Yang awalnya membuat sendiri, sekarang sudah memiliki tenaga kerja. Yang
dulunya memakai oven manual, sekarang memakai oven otomatis. Yang dulunya
strategi pemasarannya hanya menawarkan ke para tetangga kompleknya, sekarang
sudah memakai sistem online. Dan kata pak Zulkarnain saat kami wawancarainya,
“untuk sekarang pengurusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Tanda Daftar
Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) dan bentuk badan hukum
usahanya masih dalam tahap pemprosesan”.
BAB IV
KINERJA MARKETING
Kinerja marketing merupakan ukuran
prestasi yang diperoleh dari aktivitas proses pemasaran secara menyeluruh dari
sebuah perusahaan atau organisasi.
A. Produk
Produk adalah sesuatu yang bisa
ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan kebutuhan atau keinginan
konsumen.
Kue pia yang ditawarkan pak Zulkarnain ke
konsumennya memiliki kualitas barang yang tinggi. Karena beliau lebih
mengutamakan kepuasan konsumen dibanding keuntungan yang ia peroleh. Awalnya beliau
hanya menawarkan kue pia rasa kacang hijau kupas, sekarang sudah ada berbagai
varian rasa seperti: coklat, keju, kaya, dan tape singkong. Untuk bulan agustus
tahun 2017 ini, pak Zulkarnain berencana akan merilis rasa baru, yaitu rasa
durian.
Produk milik pak Zulkarnain sangat
terjamin akan keamanannya. Selain karena beliau sudah mendaftarkan produknya
pada Departement Kesehatan, beliau juga mengaku bahwa produknya tidak diberi
bahan pengawet jenis apapun. Selain Karena beliau takut menentukan dosis penggunaan
bahan pengawet tersebut, beliau juga merasa itu terlalu beresiko untuk
kesehatan konsumennya.
Tingkat produk pak Zulkarnain yang dijual
rusak atau cacat itu rendah. Produk yang dijualnya hampir tidak memiliki
cacat fatal sekalipun. Walaupun ada produknya yang cacat karena akibat dari
pengantarannya atau karena terkena sinar matahari, pak Zulkarnain akan
mengganti produk milik konsumen tersebut dengan produk baru tanpa ada tambahan
biaya. Alhasil dari itu, pak Zulkarnain dipercaya oleh semua konsumennya.
Perbedaan kue pia yang dijual pak
Zulkarnain dengan kue pia yang terdapat di toko-toko salah satunya adalah dari
segi waktu kadaluarsanya. Jika kita sering melihat masa kadaluarsa kue pia yang
dijual di toko-toko itu sampai tahunan, produk milik pak Zulkarnain hanya
bertahan paling lama 1 bulan, yang terkecuali rasa kacang hijau kupas yang
hanya bertahan sekitar 5 hari saja. Walaupun demikian, kue pia milik pak
Zulkarnain lebih unggul daripada kue pia yang ada di toko-toko. Sehingga
tingkat permintaan terhadap barang yang dijual Zulkarnain itu tinggi.
Bukan hanya itu perbedaan produk milik
pak Zulkarnain dengan pesaingnya. Dari segi rasa, Pia Mirah jauh lebih enak
daripada kue pia yang banyak dipasaran. Pak Zulkarnain memang sengaja membuat
produk yang berbeda dengan pasar, mulai dari kualitas bahan baku kue pia-nya,
rasa, dan bahkan kemasannya yang dibuat semenarik mungkin. Pak Zulkarnain
mengaku selain rasa coklat yang berasal dari pabrik pembuat coklat itu sendiri,
rasa lain itu diracik sendiri olehnya, sehingga beliau berhasil menciptakan
rasa yang berbeda dengan rasa kue pia milik pesaingnya. Beliau juga berkata
bahwa kemasannya sudah diubah berulang-ulang kali, sampai menjadi kemasan yang
menarik seperti gambar di atas. Yang lebih menariknya, desain kemasannya di
tambahkan informasi seputar kota Makassar. Sehingga spesifikasi produk yang
dijual pak Zulkarnain terdiferensiasi atau memiliki perbedaan dengan
produk yang dijual oleh pesaingnya.
B. Harga
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa
disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu
barang atau jasa bagi seseorang atau konsumen.
Pak Zulkarnain menjual produk Pia Mirah
dengan 2 jenis, ada yang kemasannya sedang dan ada yang besar. Kemasan sedang
berisi 8 potong kue pia ukuran sedang dan kemasan besar berisi 5 potong kue pia
ukuran jumbo.
Harga kedua jenis Pia Mirah ini sangat
terjangkau (tingkat harga barang yang dijual perusahaan sedang). Karena
harga jual yang ditawarkan perusahaan tidak terlalu jauh berbeda dengan harga
jual pesaing meskipun masih lebih tinggi dari pesaing.
Tingkat sensitivitas harga jual barang
perusahaan Pia Mirah dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga jual
barangnya relatif stabil (rendah). Harga Pia Mirah tidak berubah-ubah
karena penetapan harganya dipengaruhi oleh jasa-jasa yang dihasilkan
berdasarkan kemampuan daya beli para konsumennya.
C. Distributor
Distributor adalah orang atau perusahaan
yang melakukan kegiatan bisnis dengan membeli produk langsung dari produsen dan
menjualnya kembali ke toko atau user. Saat ini Pia Mirah memiliki banyak
Reseller yang membawa produk Pia Mirah keluar daerah. Semua resellernya itu
adalah reseller yang tak terduga. Pak Zulkarnain mengaku tidak pernah
merencanakan untuk memakai jasa reseller. Dengan sendirinya semua resellernya
itu datang atau menghubungi Perusahaan Pia Mirah dan menawarkan diri mereka
untuk menjadi penyalur. Pak Zulkarnain tidak keberatan soal itu, bukan karena
ada yang membantu menjual produknya, tapi karena beliau bisa bermanfaat dan
bisa membantu finansial keluarga lain.
Untuk saat ini, wilayah penjualan Pia
Mirah sudah tingkat nasional, dengan memakai 2 jalur penjualan, yaitu konsumen
langsung dan pengecer. Yang berarti rantai penjualan perusahaan Pia
Mirah melibatkan internal dan eksternal perusahaan.
D. Market Share
Market share atau pangsa pasar adalah
bagian atau persentase penjualan suatu produk atau jasa tertentu dalam suatu
wilayah yang dikendalikan oleh suatu perusahaan tertentu.
Walaupun tingkat keragaman produk yang
dijual Pia Mirah hanya satu jenis, yaitu khusus kue pia saja, akan
tetapi ukuran pasar yang mampu dikuasai Perusahaan Pia Mirah relatif lebih
besar dibanding pesaing, dan potensi untuk memperoleh keuntungan masih tinggi.
Bukan hanya dari segi kualitas produk saja yang membuat Pia Mirah unggul
dibanding pesaingnya, tapi dari segi kebijakan perusahaan yang sangat
berlawanan dengan pesaing membuat Pia Mirah dengan mudah disukai orang-orang
(konsumen dan pekerjanya).
E. Segmentasi dan
Positioning
Segmentasi adalah kegiatan membagi-bagi
pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat
homogen.
Pia Mirah tidak membeda-bedakan para
pembelinya baik dari segi usia, jenis kelamin, status ekonomi, geografi dll.
Dengan begitu, pasar yang Perusahaan Pia Mirah bidik tidak tersegmentasi.
Satu kata untuk prinsip pak Zulkarnain, yang penting lancar.
Positioning (penempatan) adalah image
atau citra yang terbentuk di benak seorang konsumen dari sebuah nama perusahaan
atau produk.
Untuk penempatan pasar yang dituju
Perusahaan Pia Mirah yaitu penempatan pasarnya tidak direncanakan (tidak
fokus). Perusahaan berupaya menjual barang kepada siapa saja.
F. Promosi
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan
atau memasarkan produk atau jasa pada calon konsumen dengan tujuan untuk
menarik calon konsumen agar membeli atau mengkonsumsinya.
Kegiatan promosi yang dilakukan pak
Zulkarnain ketika baru memulai usahanya yaitu dengan menawarkan kue pia-nya
kepada para tetangganya. Akan tetapi, saat itu pak Zulkarnain kurang mendapat
respon dari para tetangganya. Walaupun begitu, pak Zulkarnain tidak patah
semangat dan terus bertahan. Pak Zulkarnain terus memperbaiki produknya
sekaligus mencari tahu perbedaan produk miliknya dengan produk milik para
pesaingnya. Setelah melakukan beberapa percobaan, pak Zulkarnain akhirnya
berhasil membuat rasa pertamanya, yaitu rasa kacang hijau kupas. Saat itu juga
produk milik pak Zulkarnain mendapatkan terus respon yang lebih banyak dari
sebelumnya.
Karena kegigihan pak Zulkarnain yang
terus bertahan dan melakukan inovasi, saat ini Perusahaan pak Zulkarnain sudah
memiliki sistemnya sendiri. Sekarang ini pak Zulkarnain hanya santai saja
mempersiapkan inovasi, sedangkan yang menjalankan perusahaannya adalah sistem
yang dibuatnya. dan untuk bagian promosi produknya, pak Zulkarnain meminta para
karyawannya memasarkan Pia Mirah di media sosial (Facebook, Whatsupp dll).
Sehingga Perusahaan Pia Mirah jarang mengeluarkan biaya promosi dan bisa
dibilang juga tidak pernah mengeluarkan biaya promosi sepeser pun.
Walaupun begitu, dampak yang dirasakan
promosi terasa dalam waktu kurang dari satu bulan (tinggi). Karena intensitas
promosi sangat sering dilakukan. Untuk sekarang ini, Pia Mirah sudah dikenal
banyak masyarakat luar provinsi dan nama Pia Mirah sudah familiar di internet.
BAB V
KINERJA PRODUKSI
Kinerja produksi merupakan ukuran
prestasi yang diperoleh dari aktivitas proses penciptaan/pembuatan suatu produk
secara menyeluruh dari sebuah perusahaan atau organisasi.
A. Lokasi Usaha
Lokasi usaha adalah tempat dimana suatu
usaha atau aktivitas usaha dilakukan. Untuk Menjangkau rumah produksi/toko Pia
Mirah agak sulit. Sebab lokasi usaha tidak dilalui transportasi umum, karena
lokasi usaha berada di dalam komplek perumahan. Dan jarak lokasi usaha dari
jalan raya kurang lebih 1 kilometer. Kecuali jika memakai kendaraan sendiri,
tentu sangat mudah untuk menjangkaunya dan tidak akan memakan waktu yang lama
pula.
B. Fasilitas Produksi
dan Peralatan
Peralatan adalah sarana yang disediakan
untuk melakukan serangkaian proses produksi suatu barang. Awal mendirikan
usaha, peralatan yang digunakan pak Zulkarnain hanya seadanya saja dan semuanya
masih manual. Untuk sekarang, peralatan yang digunakan pak Zulkarnain
memproduksi produknya sudah lengkap dan modern.
C. Tenaga Kerja
Tenaga kerja adalah setiap seseorang yang
mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk
memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. Untuk tingkat tenaga kerja
Perusahaan Pia Mirah mudah didapatkan. Karena ketersediaan tenaga kerjanya
dapat diperoleh dari lokal.
Pak Zulkarnain memperkerjakan para
tetangganya yang membutuhkan tambahan biaya untuk keluarganya. Pak Zulkarnain
juga tidak keberatan memperkerjakan mahasiswi-mahasiwi yang membutuhkan
pekerjaan. Tingkat perputaran tenaga kerja di Perusahaan Pia Mirah relatif
rendah. karena tenaga kerjanya hanya sedikit yang keluar masuk dalam
perusahaan. Itupun hanya terjadi jika ada sesuatu yang genting, seperti
karyawannya hamil dan mau pulang kampung.
Karena Perusahaan Pia Mirah masih dalam
tahap pertumbuhan, jadi tingkat upah tenaga kerjanya masih relatif rendah.
Tetapi hampir mendekati UMP Kota Makassar.
D. Teknologi Usaha
Teknologi sangat berperan penting dalam
perkembangan bisnis dari suatu perusahaan. Teknologi usaha adalah seperangkat
alat yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari aktivitas
suatu bisnis. Tingkat teknologi yang digunakan Perusahaan Pia Mirah dalam
proses penjualan menggunakan tenaga manusia dan teknologi modern seperti
internet. Sehingga membuat pak Zulkarnain mudah memperkenalkan produknya ke masyarakat.
E. Proses Produksi
Proses produksi adalah suatu cara, metode
ataupun teknik menambah kegunaan suatu barang dan jasa dengan menggunakan
faktor produksi yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar
lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia.
F. Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi adalah jumlah maksimum
output yang dapat diproduksi atau dihasilkan dalam waktu tertentu.
G. Analisis Kinerja
Produksi
Dalam menganalisis bagaimana perusahaan
melakukan kegiatan produksi, teori ekonomi dibedakan menjadi dua, yaitu jangka
pendek dan jangka panjang. Jangka pendek apabila sebagian dari faktor produksi
dianggap tetap jumlahnya. Di dalam masa tersebut, perusahaan tidak dapat
menambah jumlah faktor modal seperti mesin dan peralatannya. Dalam jangka panjang,
semua faktor produksi mengalami perubahan. Itu artinya, setiap faktor produksi
dapat ditambah jumlahnya kalau memang diperlukan,
BAB VI
KINERJA MANAJEMEN DAN SUMBER DAYA MANUSIA
Kinerja manajemen dan sumber daya manusia
adalah prestasi kerja atau hasil kerja, baik kualitas maupun kuantitas yang
dicapai SDM persatuan periode waktu dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan
tanggung jawab yang diberikan padanya.
A. Bentuk Organisasi
Bentuk organisasi adalah susunan
komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi yang menunjukkan pembagian
kerja dan fungsi-fungsi atau aktivitas-aktivitas yang berbeda-beda.
Perusahaan Pia Mirah masih belum memiliki
badan hukum dan juga belum memiliki izin perusahaan. Semuanya itu masih dalam
tahap proses, tutur pak Zulkarnain saat diwawancarai. Untuk sekarang, skala
Perusahaan Pia Mirah masih dalam kategori mikro dan sistem pengelolaan
perusahaan masih sederhana.
B. Profit Usaha
Profit Usaha adalah pendapatan perusahaan
dikurangi biaya eksplisit atau biaya akuntansi perusahaan. Pak Zulkarnain
berkata, keuntungan yang bisa ia dapatkan dari usahanya itu sangat lumayan
untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari.
C. Kompensasi
Kompensasi adalah segala sesuatu yang
diterima dapat berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan
kepada seseorang. Tujuan seseorang diberikan kompensasi salah satunya yaitu
untuk mempertahankan karyawan yang potensial untuk tetap bekerja dan mencegah
tingkat perputaran kerja yang tinggi. Dalam hal kompensasi, tingkat kompensasi
yang diberikan Perusahaan Pia Mirah masih rendah. Walaupun begitu,
tingkat perputaran tenaga kerja di perusahaan tersebut masih rendah.
D. Analisis Kinerja
Manajemen dan Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia merupakan
proses penerapan fungsi manajemen dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan
analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi,
promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuannya yaitu meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Di jenis usaha yang
dikelola yang dikelola pak Zulkarnain, beliau hanya memperkerjakan seorang
karyawan yang bertanggung jawab dan benar-benar serius ingin bekerja.
BAB VII
KINERJA ASPEK LINGKUNGAN
Kinerja aspek lingkungan adalah ukuran
prestasi yang diperoleh dari keseluruhan faktor-faktor eksternal yang
mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Dan dalam artis
luas, aspek lingkungan adalah semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu,
perusahaan dan masyarakat.
A. Bahan Baku
Bahan baku adalah bahan yang digunakan
dalam membuat produk dimana bahan tersebut secara menyeluruh tampak pada produk
jadinya. Perusahaan Pia Mirah memiliki beberapa poin keberhasilan, yaitu
menjaga kualitas, menjaga kepercayaan pelanggan dan berinovasi. Karena dalam
poin keberhasilannya ada menjaga kualitas, berarti kita sebagai konsumen tidak
perlu ragu terhadap kualitas bahan baku yang digunakan Perusahaan Pia Mirah.
Untuk tingkat persediaan barang dagang
persediaan barang dagang Perusahaan Pia Mirah mudah didapatkan dan banyak
pasokan di pasar. Bukan hanya itu, tingkat harga pembelian persediaan barang
dagang dari pemasok pun cukup stabil.
Beberapa bahan-bahan yang digunakan pak
Zulkarnain membuat Pia Mirah, yaitu:
1
- . Tepung terigu
- 2. Minyak goreng nabati
- 3. Air
- 4. Telur
- 5. Gula
- 6. Garam
- 7. Vanili dll.
B. Tingkat Persaingan
Tingkat Persaingan adalah suatu usaha
untuk menunjukkan, memperlihatkan kemampuan dan bersifat perseorangan yang
ditentukan oleh karakteristik pasar itu sendiri. Saat ini pesaing Pia Mirah
masih sedikit (<10 unit) dan jarak antara Pia Mirah dengan pesaingnya 1-2
Km. Pia Mirah dapat dengan mudah masuk dalam industri ikut menawarkan barang
pada pasar yang sama dengan perusahaan (tingkat penghalang memasuki industri
rendah).
BAB VIII
KINERJA KEUANGAN
Kinerja Keuangan adalah gambaran kondisi
keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu baik menyangkut aspek
penghimpunan dana maupun penyaluran dana, yang biasanya diukur dengan indikator
kecukupan modal, likuiditas dan profitabilitas.
A. Estimasi Laporan
Laba Rugi
Laba rugi adalah suatu laporan yang
menunjukkan pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya dari suatu unit usaha dalam
periode tertentu.
B. Analisis Kinerja
Keuangan
Analisis kinerja keuangan adalah suatu
analisis yan dilakukan untuk melihat sejauh mana suau perusahaan telah
melaksanakan dengan menggunakan aturan-aturan pelaksanaan keuangan secara baik
dan benar
BAB IX
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Kue pia merupakan makanan yang terbuat dari
campuran kacang hijau dan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang.
2.
Perusahaan Pia Mirah bergerak di bidang makanan
berdiri sejak tahun 2015, yang didirikan oleh seorang pemuda yang bernama
Zulkarnain. Perusahaan yang sudah berjalan selama kurang lebih 2 tahun ini
sudah lumayan terkenal di kalangan masyarakat, baik masyarakat yang berada di
dalam provinsi maupun yang berada di luar provinsi.
3.
Pia Mirah memiliki beberapa varian rasa, yaitu
: kacang hijau kupas, coklat, kaya, keju, tape singkong dan rasa terbarunya
adalah durian. Dan saat ini, Pia Mirah sudah memiliki 2 jenis kue pia, yaitu
pia ukuran sedang dan pia ukuran jumbo.
B. Saran
Dalam memasuki dunia
usaha, niat yang kuat tidak akan cukup untuk membuat kita bisa memasuki pasar.
Ada dua hal penting yang perlu kita tahu jika ingin memulai suatu usaha, yaitu
dapat membuat produk yang berkualitas dan memiliki strategi yang jitu dalam
memasarkan produk tersebut. Dan saat kita dapat melakukan 2 hal tersebut, yang
perlu kita lakukan untuk bisa menjadi pengusaha sukses adalah bertahan dan
berinovasi. Jika kita baru memulai suatu usaha, sebaiknya kita tidak perlu
memikirkan keuntungan dan kerugian terlebih dahulu. Yang perlu kita pikirkan
adalah bagaimana cara mendapatkan kepercayaan konsumen akan produk yang kita
miliki.
BAB X
LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA
1. https://googleweblight.com/?lite_url=https://ilmuteknologimultimedia.wordpress.com/2013/05/14/pengertian-company-profile/&ei=0rS7ARFS&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503133548&sig=ALNZjWlFuTiyjebBVLi07wjAJnvYjQ9PMg
2. http://googleweblight.com/?lite_url=http://mutiaralumpur.blogspot.com/2010/03/kinerja-pemasaran-marketing-performance.html?m%3D1&ei=mIKr4CXf&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503133873&sig=ALNZjWm-1LU5KpGGghoDvjNvrHAQzMxp8A
3. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Produk
4. http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-harga-definisi-tujuan-faktor.html?m%3D1&ei=Co20M7Vr&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503134672&sig=ALNZjWkE2FCoMkBhbn3rF3bjJLZr6Ub6rQ
5. https://googleweblight.com/?lite_url=https://id.m.wikipedia.org/wiki/Distribusi_(bisnis)&ei=tMBY1x4C&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503134874&sig=ALNZjWnQk27Y1u0TD1rO9CAUtxkMhB-q3g
6. http://googleweblight.com/?lite_url=http://andripurnama.awand.co.id/index.php/marketing-management/59-stp.html&ei=Tn-u_fTC&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503135397&sig=ALNZjWkl0LK_vvpr-7Eyh7bXevAoq-WCwg
7. http://googleweblight.com/?lite_url=http://duniapemasaranglobal.blogspot.com/p/teori-teori-pemasaran.html&ei=PKd9wLVG&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503135601&sig=ALNZjWl5Ze26H4tkXs9uYwLz4NHikTO1nQ
8. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Promosi
9. http://googleweblight.com/?lite_url=http://mutiaralumpur.blogspot.com/2010/03/kinerja-pemasaran-marketing-performance.html?m%3D1&ei=_ZkEElTd&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503135985&sig=ALNZjWliWTyZeHmWj7zpFMIrbGGY-atfCQ
10. http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-lokasi-definisi-tempat-dalam.html?m%3D1&ei=mPFjtfzZ&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503136218&sig=ALNZjWn9EgOZEtd4Mm-cgpSrBmuayQYEDQ
11. http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.gomarketingstrategic.com/2017/02/pengertian-market-share-atau-pangsa.html&ei=zDjW_4sa&lc=id-ID&s=1&m=793&host=www.google.co.id&ts=1503136457&sig=ALNZjWnpPmlFeUvEjO9Iht_o7TimS01hyA
12. http://albertodudung.blogspot.co.id/2012/07/tugas-penelitian-usaha-kecil.html?m=1