Kamis, 12 Oktober 2017

Contoh Kuisioner Kewirausahaan

DAFTAR ISI
COVER
1.       Profil Perusahaan
2.       Kinerja Marketing
a.        Produk
b.       Harga
c.        Distributor
d.       Market Share
e.       Segmentasi dan Positioning
f.         Promosi
g.        Analisis Kinerja Marketing
3.       Kinerja Produksi
a.        Lokasi Usaha
b.       Fasilitas Produksi dan Peralatan
c.        Tenaga Kerja
d.       Teknologi Usaha
e.       Proses Produksi
f.         Kapasitas Produksi
g.        Analisis Kinerja Produksi
4.       Kinerja Manajemen dan Sumber Daya Manusia
a.        Bentuk Organisasi
b.       Profil Usaha
c.        Konpensasi
d.       Analisis Kinerja Manajemen dan Sumber Daya Manusia
5.       Kinerja Aspek Lingkungan
a.        Bahan Baku
b.       Tingkat Persaingan
6.       Kinerja Keuangan
a.        Estimasi Laporan Rugi Laba
b.       Analisis Kinerja Keuangan
LAMPIRAN
-          photo



PROFIL PERUSAHAAN
PERTANYAAN
PANDUAN
Nama Perusahaan / Koperasi
No. Badan Hukum
Tanggal Berdiri
Sebutkan nama perusahaan saudara, jika tidak ada nama perusahaan,silahkan tulis nama pemiliknya saja. Jika lebihdari satu pemilik tulis yang lebih memiilki peran dalam aktifitas perusahaan
Alamat Perusahaan / Koperasi
Sebutkan di mana alamat perusahaan beroperasi, jika lebih dari satu lokasi tuliskan juga alamat lainnya
NomorTelepon
Sebutkan nomor telpon perusahaan. Jika lebih dari satu, tulis pula nomor lainnya pada kotak yang tersedia. Jikatidak ada nomortelpon dapat menggunakan nomor handpone pemilik atau pengurus perusahaan
Alamat Email
Sebutkan alamat email perusahaan jika ada. Jika tidak tulis pada kotak isian yang tersedia jawaban tidak ada
Nomor pokok wajib pajak (NPWP)
Sebutkan nomor pokok wajib pajak (NPWP) perusahaan jika ada. Jika tidak ada tulistidak ada
Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Sebutkan nomor Tanda Daftar Perusahaan (TDP) jika ada. Jika tidak ada tulis dikotak isian jawaban tidak ada
Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
Sebutkan Surat Izin Usaha Perdagangan perusahaan (SIUP) jika ada. Jika tidak ada tulis dikotak isian jawaban tidakada
Nama Pemilik Perusahaan
Isilah nama pemilik perusahaan dari direktursampai dewan komisaris (jika ada). Jika tidak ada makatulislah namapengelola perusahaan
Bentuk badan hukum perusahaan (sebutkan)
Pilihlah salah satu bentuk badan hukum perusahaan yang sesuai:
1.       Belum berbadan hukum
2.       Perusahaan perorangan
3.       CV
4.       Firma
5.       PT
6.       Koperasi
Lama perusahaan / Koperasi berdiri
Tulislah lama perusahaan menjalankan usaha. Jika baru memuiai usaha,isilah dengan angka "XX bulan".
Perusahaan memiliki cabang
Pilih "Ya" jika perusahaan memiliki cabang, dan Pilih "Tidak" jika tidak memiliki cabang
Visi Perusahaan
Sebutkan visi perusahaan anda. Visi merupakan tujuan jangka panjang (5 sampai 10 tahun) berkenaan dengan usahayang dijalankan
Misi Perusahaan
Sebutkan misi perusahaan. Misi merupakan penjabaran dari visi perusahaan
Tujuan perusahaan dan program yang sudah dilakukanuntuk mencapai tujuan
Sebutkan program yang telah dan akan dilakukan perusahaan
Poin penting kunci keberhasilan perusahaan
Sebutkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan. Kekuatan dan kelemahan bersumber dari dalamperusahaan. Sedangkan peluang dan tantangan bersumber dari luar perusahaan
Struktur modal perusahaan dan sumber-sumber pembiayaan yang diterima perusahaan
Jelaskan struktur modal usaha anda. Apakah modal dari dana pribadi pengurus sendiri atau bersumber yang berasal dari luar perusahaan, seperti: Pinjaman ke bank, kredit suplier dan pinjaman ke individu lain di luar pengurus perusahaan
Kondisi pasar komoditi, berikut informal tentang ukuran pasar, tingkat persaingan dan analisis industrinya
Jelaskan tentang kondisi bisnis, seperti: ukuran pasar (pembeli dan pelanggan) dan tingkat persaingan
Rencana pemasaran perusahaan, strategi pemasaran dan keunggulan-keunggulannya
Jelaskan tentang rencana dan strategi pemasaran
Jumlah, tingkat kualitas, jenis atau ragam barang yang dijual dan tingkat ketersediaan barang
Jelaskan tentang jumlah, tingkat kualitas, jenis atau ragam barang yang dijual dan tingkat ketersediaan barang
Perusahaan pernah memperoleh fasilitas kredit dari pihak perbankan?
Pilih "Ya" jika perusahaan pernah memperoleh fasilitas kredit dari pihak perbankan dan pilih "Tidak" jika tidak pernah memperoleh fasilitas kredit.
Bank yang pernah mernberikan fasilitas kreditkepada perusahaan
Bebutkan bank yang pernah memberikan fasilitas kredit kepada perusahaan
Jumlah pinjanam yang diajukan dan yang disetujui oieh bank
Tuliskan besarnya jumlah pinjaman yang diminta dan yang disetujui oleh bank
Jangka waktu pinjaman yang diajukan dan jangka waktu pengembalian yang disetujui oleh bank
Jangka waktu pinjaman yang diminta, dan waktu pengembalian yang disetujui oleh bank
Apa peruntukan pinjaman yang diperoleh dari bank tersebut?
Pilih untuk investasi atau untuk modal kerja
Riwayat pinjaman
Jeiaskan secara singkat riwayat pinjaman seperti : tingkat bunga, kendala-kendala daiam pengembaliannya




ASPEK PEMASARAN
PERTANYAAN
PILIHAN
PANDUAN
Tingkat kualitas barang yang perusahaan jual
1.       Rendah
2.       Sedang
3.       Tinggi
Pilihlah 1 jika barang yang dijual sangat sering mendapat keluhan,
Pilih "2" Sedang, jika barang yang dijual terkadang mendapat keluhan dari pelanggan,
Pilih "3" jika hampirtidak ada keluhan dari pelanggan atas barang yang dijual
Tingkat barang yang dijual rusak atau cacat
1.       Tinggi
2.       Sedang
3.       Rendah
Pilih 1 jika hampir 50% barang yang dijual rusak ,
PILIH "2" jika sekitar 25% barang yang dijual rusak, dan
pilih "3" jika kurang dari 5% barang yang dijual rusak atau cacat
Tingkat permintaan terhadap barang yang dijual
1.       Rendah
2.       Sedang
3.       Tinggi
Pilih "1" jika barang yang dijual perusahaan sulit terserap dan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dipasarkan,
pilih 2 jika barang yang dijual cukup terserap oleh pasar meski harus dengan upaya yang kuat untuk memasarkannya, dan
pilih 3 jika barang yang dijual perusahaan sangat cepat diserap oleh pasar dan tidak perlu waktu yang terlalu lama dalam memasarkannya
Kondisi siklus hidup usaha perusahaan
1.       Tahap Perkenalan
2.       Tahap Penurunan
3.       Tahap Pertumbuhan
4.       Tahap Kedewasaan
Siklus hidup menunjukkan posisi perusahaan pada periode tertentu yang dapat berubah-ubah sewaktu-waktu , penyebabnya karena banyak faktor, baik internal maupun eksternal menyebabkan posisinya berubahmenjadi lebih baik atau menjadi buruk.
Pilih1 jika perusahaan baru berdiri,
pilih 2' jikaperusahaan pernah menikmati sikiuspertumbuhan sampai puncak dan mengalamipenurunan,
pilih 3 jika perusahaan dalamperiode tertentu kondisi penjualanperusahaan terus mengaiami peningkatan,dan
pilih4 mengalami kestabilan dalampenjualan yang cukup lama
Tingkat keragaman barang-barang yang dijual
1.       Kecil
2.       Sedang
3.       Luas
Keragaman menunjukkan banyaknya ragambarang yang dijual perusahaan sehlnggapelanggan mempunyai pilihan terhadapbarang-barang yang ditawarkan perusahaan.
Pilih "1" jika barang yang dijual hanya satujenis,
pilih "2" jika barang yang dijual antara 2hingga 5 jenis, dan
pilih 3  jika barang yang dijuallebih dari 5 jenis.
Spesifikasi barang yang dijual perusahaan
1.       Tidak Terdiferensiasi
2.       Terdiferensiasi
3.       Sangat terdiferensiasi
Pilih "1 " jika barangyang dijual tidak berbedadengan yangdijual pesaing,
pilih "2" jikabarang yangdijual memiliki perbedaandengan barangyans dijual oleh pesaing. dan
pilih "3" jika barangyang dijual perusahaanunik dan memiliki kekhususan yans tidak bisaditiru daiam jangka waktu pendek olehpesains dan jika bisa ditiru oieh pesainsmembutuhkan waktu yang lama sehinggaperusahaan dapat meniknati keuntungandan keunikan tersebut dalam waktu yangcukup lama
Tingkat harga barang yang dijual perusahaan
1.       Tinggi
2.       Sedang
3.       Harga Bersaing
Pilih 1 jika harga jual yang ditawarkanperusahaan diatas rata-rata harga jualpesaing.
Pilih "2" jika harga jualyangditawarkan perusahaan tidak terlalu jauhberbeda dengan harga jual pesaing meskipunmasih lebih tinggi dari pesaing. dan
pilih 3jika perusahaan menetapkan harga jual yanglebih rendah dari pesaingnya
Teknik penetapan harga yang perusahaan lakukan
1.       Mengikuti Pesaing
2.       Harga Tinggi
3.       Biaya Pembelian Plus Margin
4.       Strategi harga yang berbeda tiap jasa
Pilih 1 jika perusahaan daiam menetapkan harga jual berdasarkan harga pesaingnya.
Pilih 2, jika dalam menetapkan harga jual perusahaan menerapkan harga yang tinggi dan margin lebih dari 35%.
Pilih "3", jika dalam menetapkan harga jual perusahaan berdasarkan perhitungan biaya yang dikorbankan dan menetapkan margin keuntungan maksimal sekitar 20% saja.
Pilih "4" jika perusahaan dalam menetapkan harga jual bertingkat pada jasa-jasa yang dihasilkan berdasarkan kemampuan konsumennya.




Tingkat sensitivitas harga jual barang perusahaan
1.       Tinggi
2.       Normal
3.       Rendah
Bagaimana tingkat sensitivitas harga jual barang perusahaan? Tingkat sensitivitas menunjukkan kemudahan perubahan harga jual. Sehingga menunjukkan kondsiyang kurang stabil.
1 Tinggi, jika harga sangat mudah dan sering berubah- ubah,
2 Sedang, jika harga berubah daiam waktu yang tidak terlalu cepat setidaknya dalam waktu satu bulan baru terjadi perubahan,
3 Rendah, jika harga relatif stabi; dan jika berubah setidaknya dalam waktu satu semester.
Faktor-faktoryg mempengaruhi tingkat harga jual barang
1.       Banyak
2.       Normal
3.       Rendah
Tingkat sensitivitas menunjukkan kemudahan perubahan harga jual. Sehingga menunjukkan kondisi. yang kurang stabil.
Pilih 1 jika hargasangatmudah dan sering berubah-ubah.
Pilih2 jika harga berubah dalam waktu yangtidak terlalu cepat setidaknya dalam waktusatu bulan baru terjadi perubahan.
Pilih "3"jika harga relatif stabil dan jika berubahsetidaknya dalam waktu satu semester.
Tingkat stabilitas harga barang yang dijual perusahaan
1.       Rendah
2.       Normal
3.       Tinggi
Pilih, "1" jika variabel makro ekonomi, sosial budaya, perubahan lingkungan sangat mempengaruhi tingkat harga.
Pilih 2 jika hanya variabel ekonomi makro saja yang mempengaruhi tingkat harga.
Pilih "3", jika hanya dari sisi internal perusahaan saja yang mempengaruhi tingkat harga.
Wilayah Penjualan
1.       Dalam Kabupaten/kota
2.       Daiam Propinsi
3.       Dalam Kepulauan
4.       Domestik/Nasional
5.       Luar Negeri
Pilih salah satu dari alternatif jawaban yang disediakan sesuai dengan kondisiyang dialami perusahaan, jika perusahaan baru hendak memasuki bisnis sebutkan rencana wilayah pemasaran yang dilakukan.
Jalur penjualan barang
1.       Konsumen Langsung
2.       Menggunakan Pengecer
3.       Keagenan
4.       Pedagang Besar
5.       Minimal 2 Dari Pilihan
Pilih 1, jika pembeli dari konsumen pengguna akhir.
Pilih "2", jika menggunakan pengeceryang membeli untuk dijual kembali dalam jumlah terbatas.
Pilih "3" jika barang yang dipasarkan melalui lembaga keagenan khusus.
Pilih "4",jika barang yang dijual dalam jumlah yang sangat besar kepada pedagang besar.
Pilih "5" jika jalur pemasaran minimal menggunakan 2 jalur pilihan yang disebutkan.
Rantai penjualan barang
1.       Hanya Internal Perusahaan
2.       Pihak Luar/Kemitraan
3.       Internal dan Pihak Luar/Kemitraan
Pilih 1Jika rantai pemasaran perusahaan hanya melibatkan orang dalam perusahaan saja.
Pilih,2 jika rantai pemasaran perusahaan (jaringan pasar) melibatkan pihak eksternal perusahaan.
Pilih "3", jika rantai pemasaran yang digunakan perusahaan melibatkan internal dan eksternal perusahaan.
Bagaimana luas pasar dari barang yang di jual perusahaan?
1.       Besar
2.       Sedang
3.       Rendah
Pilih "1" jika luas pasar sangat terbatas sehingga relung pasaryang diperebutkan sangat kecil sehhngga tingkat keuntungan juga rendah.
Pilih, "2” jika luas pasaryang diperebutkan cukup memadai namun untuk menguasai pasar masih sangat sulit.
Pilih "3", jika luas pasaryang ada masih belum terpenuhi semua sehingga potensi untuk memperoleh keuntungan rnasih tinggi.
Pasar yang mampu dikuasai oleh perusahaan
1.       Kecil
2.       Sedang
3.       Besar
Pilih "1" jika ukuran pasar yang dikuasai perusahaan sangat terbatas dan rata-rata lebih rendah dari pesaing.
Pilih "2" jika ukuran pasaryang dikuasai perusahaan seimbang dengan pesaing.
Pilih "3", jika ukuran pasar yang dikuasai perusahaan relatif lebih besar dibanding pesaing.
Posisi perusahaan dalam pasar
1.       Market Follower (Pengikut)
2.       Market Chalenge (Menantang Pesaing)
3.       Market Leader [Pemimpin Pasar)
Pilih "1" jika kebijakan perusahaan sangat tergantung dari kebijakan pesaing.
Pilih "2" jika kebijakan perusahaan sangat berlawanan dengan pesaing.
Pilih ‘'3" jika pesainglah yang nengikuti kebijakan perusahaan.
Bagaimana segmentasi pasaryang perusahaan bidik
1.       Tidak Tersegmentasi
2.       Normal
3.       Tersegmentasi
Segnentasa merupakan kegiatan pemecahanpasar sasaran agar mudah dilayani danmemahami keinginan pembeli.
Pilih "1 " jikaperusahaan tidak memilah-milah pasar ataumengelompokkan pembeli baik darisegiusia, jenis kelamin, status ekonomi,geografi,dll.
Pilih "2", jika perusahaan hanya memilahpembeli berdasarkan geografis saja.
Pilih "3"jika perusahaan benar-benar memilih pasaryang dituju dan berupaya memahamikeinginan pembeli dan melayaninya.
Penempatan Pasaryang dituju perusahaan
1.       Tidak Fokus
2.       Normal
3.       Fokus
Pilih "1 " jika penempatan pasartidak direncanakan , perusahaan berupaya menjual barang kepada siapa saja.
Pilih "2”, jika perusahaan sudah merencanakan penempatan pasaryang dituju namun tidak berjalan semestinya sehingga akhirnya juga menjual barang kepada pembeli yang bukan menjadi tujuan.
Pilih "3" jika penempatan pasaryang dituju sudah sesuai dengan yang direncanakan dan perusahaan tidak bersedia menjual barang kepada selain pembeli sasaran.
Perusahaan melakukan kegiatan promosi?
1.       Tidak
2.       Ya
Pilih "Tidak '' jika perusahaan tidak melakukan kegiatan promosi dan
Pilih "Ya" jika melakukannya
Media promosi yg digunakan perusahaan
1.       Media Cetak (koran, majaiah)
2.       Media Elektronik (Iklan radio, TV, Internet)
3.       Public Relation
4.       Minimal 2 dari pilihan
Pilih "1" jika media promosi melalui Koranatau majalah.
Pilih "2" jika promosi dilakukanmelali media radio, TV dan internet.
Pilih "3"jika promosi dilakukan perusahaanmemperhatikan social responsibility[pertanggungjawaban sosial).
Pilih "4" jikaperusahaan menggunakan media promosi lebih dari 1pilihan yang di sebutkan
Biaya promosi yang dikeluarkan perusahaan rata-ratapertahun

1.       Rendah
2.       Sedang
3.       Tinggi
Pilih "1" jika perusahaan jarangmengeluarkan biaya promosi paling tidak hanya satu tahun sekali.
Pilih "2" jika biaya promosi dikeluarkan tiap semester.
Pilih "3" jika biaya promosi dikeluarkan tiap bulan
Intensitas promosi yang dilakukan perusahaan
1.       Rendah
2.       Sedang
3.       Tinggi
Pilih "1'' jika promosi dilakukan sangat jarang.
Pilih "2" jika intensitas promosi dilakukan ketika penjualan turun saja.
Pilih "3" jika intensitas promosi sangat sering dilakukan
Dampak promosi, bagi usaha yang dijalankan
perusahaan
1.       Rendah
2.       Sedang
3.       Tinggi
Pilih "1" jika dampak promosi baru dirasakan lebih dari satu tahun.
Pilih "2jika dampak promosi dirasakan dalam waktu satu semester.
Pilih "3" jika dampak promosi sudah terasa dalam waktu kurang dari satu bulan




ASPEK PRODUKSI
PERTANYAAN
PILIHAN
PANDUAN
Lokasi Usaha perusahaan
1.       Sangat Sulit Dijangkau
2.       Sulit Dijangkau
3.       Mudah Dijangkau
Pilih "1" jika lokasi usaha tidak ada transportasi urnum, biaya menuju lokasi sangat mahal danmemakan waktu yang sangat lama.
Pilih "2" jika lokasi usaha jarang ada transportasi urnum, biaya menuju lokasi cukup mahal dan memakan waktu cukup yang 1ama.
Pilih "3" jika lokasi usaha banyaktransportasi umum, biaya menuju lokasi rendah dan tidak memakan waktu yang lama
Jumlah Sarana peralatan yang dimiliki perusahaan
1.       Terbatas
2.       Cukup
3.       Lengkap
Pilih "1" jika jumlah sarana prasarana tidak mencukupi dari yang seharusnya.
Pilih “2” jika jumlahsarana prasarana memadai namun belum lengkap.
Pilih "3" jika jumlah sarana prasarana tersediasesuai kapasitas yang dibutuhkan.
Tingkat Ketersediaan Tenaga kerja
1.       Sulit dan sedikit
2.       Mudah
3.       Sangat Mudah dan Banyak
Pilih "1", jika Tingkat ketersediaan tenaga kerja sulit dan sedikit jika pasokan tenaga kerja lokal jarangdijumpai sehingga perlu diperoleh dari daerah lain.
Pilih "2”, jika ketersediaan tenaga kerja dapatdiperoleh dari lokal.
Pilih "3", jika suplai tenaga kerja sangat tinggi sehingga mudah untuk melakukanpenggantian tenaga kerja.
Daerah asal tenaga kerja
1.       Antar Propinsi
2.       Dalam Propinsi
3.       Dalam Kabupaten
4.       Dalam Kecamatan
Pilih "1" jika tenaga kerja berada diluar propinsi domisili perusahaan.
Pilih"2" jika tenaga kerjaberada daiam propinsi domisili perusahaan namun berada di luar kabupaten domisili perusahaan.
Pilih "3" jika tenaga kerja berada dalam kabupaten domisili perusahaan namun berada di luarkecataman domisili perusahaan.
Pilih "4" jika tenaga kerja berada dalam kecamatan domisiliperusahaan
Tingkat kebutuhan tenaga kerja
1.       Tinggi
2.       Rendah
3.       Relatif Rendah
Pilih “1”, jika tenaga kerja yang ada sangat kurang dibandingkan dengan beban produksi.
Pilih “2”, jikatenaga kerja yang ada cukup dan sudah sesuai dibandingkan dengan beban produksi.
Pilih "3", jikatenaga kerja yang ada sudah sangat memadai dan sesuai dibandingkan dengan beban produksi .
Tingkat upah tenaga kerja
1.       Tinggi
2.       Sesuai Standar
3.       Relatif Rendah
Pilih “1”, jika upah tenaga kerja jauh melebihi Upah Minimal Propinsi.
Pilih “2”, jika upah tenaga kerja sesuai atau tidak terlalu tinggi dari Upah Minimal Propinsi.
Pilih “3” jika upah tenaga kerja berada di bawah Upah Minimal Propinsi
Tingkat perputaran Tenaga kerja
1.       Tinggi
2.       Normal
3.       Relatif Rendah
Pilih “1” jika tenaga kerja banyak yang keluar masuk dalam perusahaan.
Pilih “2” jika tenaga kerjatidak banyak yang keluar masuk dalam perusahaan.
Pilih "3" jika tenaga kerja hanya sedikityang keluar masuk dalam perusahaan
Tingkat Teknologi yang digunakan perusahaan dalam proses penjualan
1.       Tidak ada
2.       Hanya memakai mesin kasirsaja
3.       Menggunakan komputerdan internet
Pilih "1” jika teknologi yang dipakai seluruhnya adalah tenaga manusia.
Pilih "2”, jika teknologi separuh yang dipakai hanya memakai mesin kasir saja.
Pilih "3" jika teknologi yang dipakai seluruhnya adalah teknologi modern dengan computer dan internet.
Kemudahan dalam penggunaan teknologi dalam proses operasional
1.       Sulit
2.       Standar
3.       Mudah
Pilih “1”, jika biaya pengadaan membutuhkan pengorbanan yang besar sehingga untuk menperolehnyasulit dan perlu pemesanan dalam waktu yanglama sehingga perawatannya pun perlu biaya ekstra.
Pilih "2”, jika jika biaya pengadaan membutuhkan pengorbanan yang tidak terlalu besar, untukmemperolehnya tidak terlalu sulit, nanun perawatannya perlu biaya ekstra.
Pilih "3" jika biayapengadaan murah dan waktu untuk menperolehnya juga tidak terlalu lama dan perawatan tidakterlalu rumit




ASPEK MANAJEMEN DAN SDM
PERTANYAAN
PILIHAN
PANDUAN
Perusahaan memiliki Badan Hukum
1.       Tidak Ada
2.       Ada
Pilih "1" jika perusahaan tidak memiliki badan hukum.
Pilih"2” jika memiliki badan hukum
Perusahaan memiliki Izin Perusahaan
1.       Tidak Ada
2.       Ada Namun Tidak Lengkap
3.       Ada dan Lengkap

Skala Usaha perusahaan
1.       Mikro
2.       Kecil
3.       Menengah
Pilih "1" jika usaha produktif milik keluarga atau perorangan WNI, secara individu atau tergabung dalam koperasi dan memiliki hasil penjualan secara individu paling banyak Rp. 100 juta pertahun.
Pilih “2” jika usaha adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil yang mempunyai kekayaan bersihpaling banyak Rp. 200 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1milyar, milik WNI, berdiri sendiri dan bukan merupakan anakperusahaan ataucabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik langsung maupuntidak langsung dengan usaha menengah atau usaha besar, berbentuk usaha perseorangan, badanusaha yang tidak berbadan hukum atau berbadan hukum.
Pilih "3" jika usaha memiliki Kekayaan bersih lebih besar dari Rp 200 juta sampai dengan paling banyak Rp10 miliar, tidak termasuk tanah danbangunan tempat usaha; Milik WNI; berdiri sendiri dan bukan merupakan anak perusahaan ataucabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik langsung maupun tidak iangsung dengan usaha besar,berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukumdan atau badan usaha yang berbadan hukum
Sistem Pengelolaan Usaha perusahaan
1.       Sederhana
2.       Sedang
3.       Sistem Manajemen Profesional
Pilih "1" jika hanya melibatkan anggota keluarga saja.
Pilih "2" jika dalam pengelolaan usaha melibatkan orang lain dalam mengelola usaha.
Pilih "3" jika dalam pengelolaan usaha perusahaanmenggunakan tenaga professional sebagai manajer perusahaan
Tingkat Kompensasi yang diberikan
1.       Tinggi
2.       Standar
3.       Rendah
Pilih "1" jika pembayaran kompensasi di atas rata-rata pembayaran kompensasi usaha sejenis.
Pilih "2"jika pembayaran kompensasi sama dengan rata-rata pembayaran kompensasi usaha sejenis.
Pilih"3"jika pembayaran kompensasi di bawah rata-rata pembayaran kompensasi usaha sejenis




ASPEK LINGKUNGAN
PERTANYAAN
PILIHAN
PANDUAN
Tingkat persediaan barang dagang perusahaan
1.       Persediaan barang sering langka
2.       Persediaan barang musiman
3.       Persediaan barang cukup tersedia
4.       Persediaan barang banyak tersedia
Pilih "1”, jika ketersediaan barang perusahaan sulit untuk didapat, pasokan dan supplier terbatas, perlu pemesanan lebih dahulu untuk memperolehnya.
Pilih ”2”, jika ketersediaan barang perusahaan tergantung pada waktu-waktu tertentu, pada musimnya pasokan banyak, namun pada waktu tidak musim sulit untuk didapatkan.
Pilih "3" jika ketersediaan barang dari supplier cukup pasokannya, namun ketersediaannya cepat terserap sehingga perlu memesan teriebih dahulu kepada supplier untuk mendapatkannya.
Pilih "4" jika ketersediaan barang perusahaan banyak pasokan di pasar, tidak membutuhkan waktu dan pemesanan terlebih dahulu untuk mendapatkannya.
Sumber persediaan barang dagang
1.       Sulit dan sedikit
2.       Normal
3.       Mudah dan Banyak
Pilih "1", jika pemasok sangat terbatas, sedangkan pembeli sangat banyak, sehingga kekuatan tawar menawar ada pada si pemasok.
Pilih "2", jika pemasok cukup banyak, kekuatan tawar menawar seimbang.
Pilih "3" jika pemasok sangat banyak, sehinggaperusahaan mudah dalam memilih supplier dan pindah ke supplier lain jika hargayang ditawarkan salah satu supplier lebih tinggi
Tingkat harga pembelian persediaan barang dagang dari pemasok
1.       Harga pembelian persediaan maha:
2.       Harga pembelian persediaan fluktuatif
3.       Harga pembeliaan persediaan stabil
Pilih “1”, jika harga pembelian persediaan barang ditentukan sepihak oleh produsen.
Pilih “2”, jika harga pembelian persediaan barang cenderung naik turun.
Pilih “3” jika harga pembelian persediaan barang cenderung tetap dan berubah dalam waktu yang relatif lama dan jika ada perubahan tidak mengalami kenaikan yang terlalu tinggi.
Kemudahan pembiayaan bahan baku yang diperoleh perusahaan
1.       Sulit dan sedikit
2.       Mudah
3.       Sangat Mudah dan Banyak
Pilih "1" jika sumber pembiayaan sulit didapatkan sehingga harus dibayar dengan tunai.
Pilih “2”, jika sumber pembiayaan cukup banyak dan pembelian persediaan dapat diperoleh dengan cara kredit.
Pilih "3" jika sumber pembiayaan sangat mudahdidapatkan dan waktu pembayaran lebih fleksible
Jumiah pesaing pada industri sejenis di sekitar perusahaan
1.       Jumlah Unit usaha sangat banyak (>75 unit)
2.       Jumlah Unit usaha banyak (51-75 unit)
3.       Jumlah Unit usaha cukup banyak (26-50 unit )
4.       Jumlah unit usaha sedikit (11-25 unit)
5.       Jumlah unit usaha sangat sedikit (<10 unit)
Pilih "1" jika unit usaha sejenis sangat banyak diatas 75 unit.
Pilih"2", jika unit usaha sejenis berjumlah antara 51 sampai 75 unit.
Pilih "3" jika unit usaha sejenisberjumlah antara 51sampai 75 unit.
Pilih "4” jika unit usaha sejenis berjumlah antara 11 sampai 25 unit.
Pilih "5" jika unit usaha sejenis sangat banyak diatas 10 unit saja.
Penghalang dalam memasuki industri (entry barier)
1.       Rendah
2.       Sedang
3.       Tinggi
Pilih “1”, jika pelaku usaha potensial dapat dengan mudah masuk dalam industry ikutmenawarkan barang pada pasaryang sama dengan perusahaan.
Pilih "2", jika pelaku usaha potensial perlu biaya, tenaga kerja dan keahlian tertentu untuk ikut berpartisipasi menawarkan barang pada pasar yang sama dengan perusahaan.
Pilih"3" jika pelaku usaha potensial membutuhkan biaya yang sangat besar, teknologi tinggi, tenaga ahi yang profesional serta inovasi yang tinggi dan waktu yang lama untuk dapat berpartisipasi dalam pasaryang sama dengan perusahaan.
Jarak antar usaha sejenis
4.       1-2 Km
5.       3-4 Km
6.       5 Km atau Lebih
Pilih "1", jika jarak antar usaha sejenis antara 1 sampai dengan 2 km.
Pilih"2", jikajarak antar usaha sejenis antara 3 sampai dengan 4 km.
Pilih "3", jika jarak antar usaha sejenis 5 km lebih

Tidak ada komentar:

Terpopuler